Ini HUT 5 Kota Tertua di Indonesia, Di Antaranya Palembang Lebih dari 1.000 tahun

Palembang Kota Tua



INFO MASYUMI -- Indonesia memang baru berusia 72 tahun. Tapi siapa yang sangka, kota-kota di Indonesia sudah berdiri jauh sebelum Indonesia merdeka. Bahkan usia kota-kota ini sudah mencapai ribuan tahun dan mendapat julukan sebagai kota tertua di Indonesia.

Lantas apa saja kota tertua di Indonesia yang pertama ada? Ini 5 kota tertua di Indonesia yang merdeka.com rangkum dari berbagai sumber:

Palembang

Kota pempek ini didirikan pada 16 Juni 682 Masehi, seperti yang tertulis di sebuah prasasti Kedukan Bukit. Keberadaan prasasti tersebut juga mengukuhkan posisi Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Berarti saat ini Palembang berusia sudah 1334 tahun.

Palembang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan dan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota yang dijuluki 'Venesia dari Timur' ini dulunya adalah pusat dari Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kekuatan maritim terbesar di Asia Tenggara. Kota ini memiliki luas wilayah 358,55 km²[4] yang dihuni 1,8 juta orang dengan kepadatan penduduk 4.800 per km².

Salatiga

Kota selanjutnya yakin Kota Salatiga, Jawa Tengah. Kota ini sudah ada sejak 750 masehi, sementara itu hari Jadi Kota Salatiga dibakukan, yakni tanggal 24 Juli 750 yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah Tingkat II Kota Salatiga Nomor 15 Tahun 1995 tentang Hari Jadi Kota Salatiga. Jadi usia kota Salatiga 1267 tahun.

Asal usul Salatiga, yaitu yang berasal dari cerita rakyat, prasasti maupun penelitian dan kajian yang cukup detail. Dari beberapa sumber tersebut Prasasti Plumpungan-lah yang dijadikan dasar asal usul Kota Salatiga. Dari prasasti itu membuktikan Salatiga menjadi kota tertua di Indonesia.

Malang

Malang menjadi salah satu kota tertua di Indonesia karena diperkirakan ada sejak tahun 760 M. Usia kota Malang diperkirakan berusia 1255 tahun yang diperoleh melalui peninggalan prasasti Dinoyo diperkirakan sudah ada sejak 1 Margasira 682 saka (28 November 760).

Kota ini didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan dan terletak di dataran tinggi seluas 145,28 km2. Ini yang membuat kota Malang sejuk, Malang juga dijuluki sebagai "Paris van Oost-Java" atau "Kota Paris di bagian Timur Pulau Jawa".

Kediri

Kediri sudah berdiri sejak tahun 879 Masehi, menjadi kota tertua di Nusantara karena berusia 1138 tahun. Luas wilayah Kota Kediri adalah 63,40 km² atau (6.340 ha) dan merupakan kota sedang di Provinsi Jawa Timur.

Kota Kediri juga dikenal sebagai pusat perdagangan gula dan rokok terbesar di Indonesia.

Magelang

Kota Magelang bediri pada 11 April 907 Masehi, usia sudah mencapai 1112 tahun pada April tahun 2018 ini. Magelang adalah kota kecil yang menawan, terletak di Provinsi Jawa Tengah. Ketika Inggris memerintah kota ini di abad ke-18, Magelang dipilih menjadi pusat pemerintahan untuk kabupaten.

Saat itu Mas Ngabehi Danurukmo diangkat menjadi bupati pertama yang mempelopori pengembangan kota Magelang dengan membangun alun-alun kota, masjid, dan kantor bupati. Pada tahun 1818 kota ini juga pernah menjadi ibukota Kabupaten Kedu. Kota Magelang sekarang terkenal karena menjadi lokasi keberadaan Candi Borobudur yang terkenal hingga ke mancanegara.

Posting Komentar

0 Komentar